Formulir Kontak

 

Radikal Bebas

Dari proses membuat zat makanan menjadi energi itu, timbullah produk samping,yaitu suatu spesies dari molekul oksigen ,yang dikenal dengan suatu nama yaitu”radikal bebas”(free radicals), yang pada dasarnya suatu molekul biasa dengan suatu electron ekstra. Pertambahan ini(electron ekstra )mengakibatkan ketidaksembangan elektrikal sehingga molekul itu berusah menyeimbangkannnyakembali dengan mengikat molekul-molekul atau struktur lain, termasuk DNA. Suatu proses kehidupan seperti itu akan mengakibatkan kerusakan pasda banyak sel , yang dapat mengakibatkan terganggunya keadaan jasmani , termasuk kanker dan gejala-gejala ketuaan yang umum, seperti timbulnya kerut-kerutan dan arthritis (penyakit radang persendian).

Baru-baru ini beberapa ahli gizi sudah menganjurkan agar kita lebih banyak mamakan buah dan sayuran yang mengandung “karetonoid” (kelompok bintik-bintik), zat-zat yang bertindak sebagai anti oksidan yang berguna untuk menyelimuti atau membungkus radikal bebas itu dan membawanya keluar dari tubuh.
Tapi cara antioksidan ini tidak selalu menghasilkan hal yang baik. Dalam beberapa penyelidikan, cara itu dapat dihubungkan dengan suatu pengurangan yang dramatis terhadap terjadinya kanker dan penyakit lannya, tetapi pada keadian lainnya seperti memperbanyak. Dalam hal lain, beberapa penelitian dalam masalah ketuaan berpendapat, bahwa makanan sayuran adalah cara terbaik untuk memperpanjang umur manusia. Tapi untuk harapan-harapan yang lebih besar, masih diharapkan dari hasil penelitian yang sedang dan akan dilakukan dengan penuh gairah. Penelitian terbaru mengenai ini ialah tentang hasil sampingan dari metabolisme sel-sel(pembakaran zat-zat makanan menjadi energi ): proses penggulaan,atau apa yang disebut juru masak,pencoklatan(menjadi warna coklat).

Seri psokologi, pendidikan dan kesehatan populer,Rahasia untuk hidup lebih lama dan bahagia(kumpulan artikel pilihan) penerbit tulus jaya,jakarta.

Total comment

Author

Triana Irsyad

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply