Formulir Kontak

 

Ramadhan di Tahun 1431 H



Dalam Islam, hari yang paling baik adalah hari Jumat, bulan yang paling baik adalah bulan Ramadhan dan malam yang paling baik adalah malam Lailatul qadar.
Beruntunglah kita terlahir kedunia ini dengan membawa islam didiri kita.
            Bulan ramadhan begitu cepat sekali berlalu, hingga aku tidak menyadari bahwa sekarang adalah malam terakhir untuk melakukan shalat taraweh dan besok adalah puasa terakhir di tahun 1431 H. Hari ke-29 dari bulan Ramadhan masih ada saja rasa malas itu timbul untuk tidak melakukan shalat isya dan taraweh berjamaah. Sejenak terpikir olehku. Andai ini adalah ramadhan terakhirku, maka merugilah aku karena telah menyia-nyiakan kesempatan yang sangat berharga. Masihkah aku dipertemukan kembali ditahun mendatang dengan bulan yang begitu berharga ini? Bulan yang hanya ada satu tahun sekali. Masihkah  kami sekeluarga dapat menikmati kembali kebersamaan di bulan nan suci ini?
Sesaat azan berkumandang menandakan masuknya shalat Isya, aku segera berwudhu dan mengambil mukena, dan pergi bersama mama, berhubung dua orang saudara perempuanku tidak diwajibkan untuk shalat dan kaki papaku sedang terkilir, namun sayangnya saudaraku yang satu lagi malas ke mesjid, mungkin karena kecapek an sehabis membersihkan rumah seharian tadi. Kami berjalan yang jaraknya Cuma beberapa meter dari rumah kami. Sesampai di mesjidpun ternyata iqamah belum di perdengarkan, aku duduk sejenak diantara para makmum dan kulihat masih ada ibu-ibu yang sedang mengerjakan shalat tahyatul mesjid. Tidak berapa lamapun iqamah dikumandangkan, semua makmum berdiri dan sebagian lagi ada yang mencari tempat kalau-kalau masih ada syaf yang kosong, tidak terkecuali aku tentunya.
Shalat isyapun selesai, bagi yang melaksanakan shalat sunnat maka mereka bersegeralah. waktunya bersedekah, ada yang melempar uang kedepan kaum bapak-bapak karena mereka agak jauh berada di belakang. Ada juga yang menunggu dengan sabar hingga  keranjang sampai didepan mereka. Lalu shalat tarawehpun dimulai sebanyak 20 rakaat,disertai dengan witir 3 rakaat. Beberapa menit kemudian shalat selesai ditutup dengan zikir dan bermaaf-maafan.

Total comment

Author

Triana Irsyad

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply