Formulir Kontak

 

Kunjungan ke ACS


Tahun 2011 kami berkunjung ke ACS di Jakarta yang berada di area Bandara Internasional Soekarno – Hatta, Cengkareng. Mau tau tentang perusahaan yang satu ini? Yuk simak.
 Status kepemilikan ACS dibawah naungan garuda, tapi saat ini ACS bisa mengembangkan diri di berbagai lahan, contohnya laundry, restoran, dsb.

Sejarah Berdirinya
            Didirikan tanggal 23 Desember 1974. ACS ini merupakan anak perusahaan dari garuda termasuk dari 5 sub unit Garuda Indonesia di bidang food (yang dinamakan ACS).
            Di ACS ini terdapat ±30 an ahli gizi yang tersebar di setiap departemen. Disini tugas ahli gizi hanya mengontrol tugas-tugas dari tiap departemen. Untuk penentuan harga makanan ditentukan oleh pihak sales. Pengontrol yang bertugas mengontrol HACCP bagian hygiene and quality.
            Terdapat 3 pembagian sift kerja yaitu pagi, siang, dan malam. Bagi karyawan yang terlambat diharuskan meminta izin kepada ketua bagian tempat ia bekerja, apakah boleh masuk atau malah kembali ke rumah. Untuk karyawan, disediakan juga penjemputan.
            ACS memiliki standar resep, standar menu, dan standar porsi. Standar ini disesuaikan berdasarkan airlinesnya, apakah itu foreign atau domestic. 
Kantor pusat dan pusat produksi ACS di Jakarta berada di area Bandara Internasional Soekarno – Hatta, Cengkareng. Selain di Jakarta, PT. ACS juga memiliki cabang di berbagai kota di Indonesia diantaranya di Balikpapan, Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya dan Yogyakarta.
Seluruh cabang ACS saat ini mampu memproduksi sebanyak 65.500 porsi makanan setiap harinya. Sedangkan untuk ACS yang ada di Jakarta mampu memproduksi makanan sebanyak 35.000 porsi setiap harinya. Dalam proses produksinya, ACS telah menerapkan standar internasional sesuai dengan standar ISO 9001 – 2001 dan ISO 22000.
Untuk penerbangan Garuda, ACS juga menyiapkan makanan untuk pesanan khusus penumpang seperti : vegetarian meal, kosher meal, diabetic meal, gluten atau sugar free meal, low fat meal, soft diet meal dan low salt diet meal. Bagi penumpang Garuda yang akan memesan makanan khusus tersebut harus memesan pada saat melakukan reservasi. Pesanan makanan khusus dapat dilakukan sedikitnya tiga hari sebelum tanggal keberangatan.
Wah, luar biasa kan tempat yang kami kunjungi ini? Dan itulah mengapa saya begitu ingin sekali bekerja di sini. Tapi karena kesempatan untuk cewek bisa di katakan sangat sedikit sekali yang di butuhkan, terutama di bidang gizi. Maka saya mengubah haluan untuk memilih mimpi yang lain. Saya berharap ACS semakin Berjaya.



Total comment

Author

Triana Irsyad

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply